Wajib Baca! Inilah 3 Fakta KPR Pertama di Indonesia – Home Design

KPR Pertama di Indonesia Dipelopori Oleh Bank BTN Sejak Zaman Penjajahan

 

Jika ditanya bank manakah yang merupakan pelopor KPR Pertama di Indonesia, tentunya Bank BTN patut menyandang gelar tersebut! Dilansir tirto.id, label KPR diberikan oleh Direkturnya Asmuadji yang mana memberikan pengabdiannya sejak 1988 hingga 1994. Berawal dari pemerintah Indonesia menunjuk Bank BTN secara resmi melalui Surat Menteri Keuangan, Asmuadji bercerita ia langsung meminta seluruh karyawan menyumbangkan ide nama program. Bank BTN sendiri diharapkan dapat menjadi wadah pembiayaan proyek perumahan rakyat, dengan tugas mengeluarkan pembiayaan atau kredit pada pemilik rumah.

 

Setelah waktu yang cukup lama, usulan awal dari kata mortgage dan hipotek ini menjadi KPR alias Kredit Pemilikan Rumah. Nama ini dianggap mewakili karena konsep kepemilikan dibayar secara mengangsur. Asmuadji juga mempaparkan jika nama KPR mudah diingat masyarakat Indonesia. Pada tahun 1976, akhirnya nama KPR pun digunakan hingga saat ini. BTN diketahui selaku bank ahli perumahan serta sanggup sediakan rumah yang ialah hak seluruh warga Indonesia. Konsep dari Bank BTN diadopsi oleh seluruh bank di Indonesia. Produk ini ialah produk otentik Bank BTN. Penasaran fakta tentang KPR Pertama di Indonesia? Yuk intip di sini.

 

Didirikan Pada Masa Penjajahan Belanda dan Diambil Alih oleh Jepang

Bank BTN bermula sejak tahun 1897. Saat itu, Bank BTN bernama Postspaarbank yang didirikan di Batavia, tepatnya pada masa pemerintah Belanda. Gedung Postspaarbank berada di Weltevreden atau kini lebih dikenal sebagai Gambir, Jakarta Pusat pada tahun 1925-1930. Kemudian, selang 8 tahun pada 1938, Postspaarbank berpindah ke Harmonieplein atau dikenal dengan gedung Harmoni. Sehabis mulainya era rezim Jepang pada 1942, Bank BTN didapat ganti jadi Tyokin Kyoku ataupun Chokinkyoku. Pada era sehabis kemerdekaan Republik Indonesia, Tyokin Kyoku diatur oleh penguasa Indonesia jadi Kantor Dana Pos RI. Sebagai satu-satunya lembaga tabungan di Indonesia, pemerintah Indonesia mengganti nama tersebut dengan Bank Tabungan Pos pada 9 Februari 1950.

 

Client BTN yang Pertama Hadir dari Pemerintah Jawa Tengah

Sejak dicanangkan, Bank BTN akhirnya menerima proyek pertama yaitu dari Pemerintah Daerah (Pemda) Jawa Tengah pada tahun 1976. Saat itu, Pemda Jawa Tengah ingin membangun sembilan unit rumah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kantor Wilayah Agraria, yang sekarang menjadi Badan Pertanahan Nasional Semarang. Dilansir tirto.id, setelah itu permintaan proyek juga datang dari Bandung. Kemudian, Bank BTN mulai merambah perumahan untuk karyawan swasta. Hal ini dimulai dari pembangunan perumahan khusus wartawan di area Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat. Hingga sekarang, area perumahan yang Bank BTN bangun identik dan diingat selalu oleh masyarakat yang tinggal maupun sekitarnya.

 

Sejak Tahun 1989 Produk Orisinil Bank BTN Bertahan

Pada tahun 1989, Bank BTN resmi mengeluarkan obligasi pertamanya. Selang tiga tahun pada 1992, Bank BTN melanjutkan kesuksesan bisnis perumahan menjadi bentuk PT dengan nama PT.Bank Tabungan Negara (Persero) hingga sekarang. Kemudian pada tahun 1994, Bank BTN menjadi bank devisa, yaitu pelayanan bank dalam bentuk penerbitan Letter of Credit (L/C) dan pembiayaan usaha dalam bentuk dollar. Saat ini, Bank BTN sudah melaksanakan ijab biasa saham kesatu( IPO) serta listing di Pasar uang Dampak Indonesia pada tahun 2009. Bank BTN terus mengembangkan produk-produk layanan perbankan sebagaimana bank umum atau komersial. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN juga telah menetapkan Bank BTN sebagai bank umum yang berfokus pada bisnis pembiayaan perumahan tanpa subsidi.

 

Demikian fakta dan informasi mengenai Bank BTN yang memegang pelopor KPR Pertama di Indonesia. Sampai sekarang, Bank BTN juga melakukan inovasi demi inovasi untuk memudahkan setiap pelayanan, seperti hadirnya platform digital melalui website dan aplikasi BTN Properti. Bank BTN memahami kebutuhan era saat ini yang suidah serba digital dimana tidak hanya informasi tetapi pengajuan KPR juga bisa anda temukan pada layanan Bank BTN. Bank BTN bisa menolong Kamu mempunyai kediaman dengan keringanan pengajuan kredit dengan cara online. Bahkan, hanya dalam 10 menit saja dan langsung terhubung dengan kantor cabang Bank BTN terdekat! Caranya mudah. Anda hanya perlu klik www.btnproperti.co.id lalu carilah tulisan atau kata “Ajukan Kredit” atau bisa juga “Ajukan KPR”. Isi seluruh data hingga lengkap. Unduh aplikasi BTN Properti yang sudah ada di Google Play dan juga ada di Apps Store.

 

Bank BTN juga menjadi platform bank yang bekerjasama dengan pengembang atau developer di seluruh Indonesia. Tujuannya simpel, ialah buat menolong warga Indonesia dalam kepemilikan rumah lewat Bank BTN. Tiap opsi properti bermutu serta terpercaya yang didatangkan Bank BTN terhambur di semua Indonesia. BTN memilah pengembang opsi yang telah pakar dalam bidangnya, ucap saja Arya Lingga Merjan, Grand Mekarsari, Delegasi Putra Land, HK Realtindo, Lapangan terbang City, PP Urbantown Serpong serta sedang banyak lagi. Ada 3 jenis properti yang dapat jadi opsi ialah Properti Populer, Properti Terbaru serta Properti Subsidi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *