Sudah Tahu Perbedaan Digital Piano dan Akustik Piano ? Cek di Sini Sekarang! – Home Design

Alat musik memang begitu banyak macamnya, bahkan satu macam alat musik sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda. Sebut saja seperti piano, dimana anda bisa menemukan lebih dari satu jenis ketika berkunjung ke tempat jual audio sound system. Piano sendiri ada yang digital dan ada yang akustik, berikut perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Antara Piano Digital dan Akustik

  1. Suara Piano

Perbedaan pertama yang bisa anda identifikasi antara digital piano dan akustik piano yaitu dari suara yang dihasilkan. Suara yang dihasilkan oleh akustik piano lebih natural, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti vibrasi soundboard, resonansi, serta segala kompleksitas yang dimiliki oleh akustik piano mempengaruhi karakter dari suaranya.

Sementara itu pada digital piano, suara yang diambil umumnya dari sampling satu key dengan beberapa variasi tekanan. Mulai dari tekanan yang paling lembut hingga keras, yang kemudian setiap sampling tersebut digunakan untuk not bagi beberapa key yang ada di sekitar dengan melakukan stretching. Sehingga suaranya tidak senatural pada piano akustik.

  1. Tone Suara

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa piano akustik yang ada di tempat jual audio sound system memiliki suara yang lebih natural. Meski begitu akustik piano tersebut hanya menghasilkan satu warna suara yang sama. Padahal seperti halnya makanan, selera musik setiap orang akan berbeda antara satu dengan lainnya.

Untuk variasi warna suara ini, piano digital bisa dibilang jauh lebih unggul. Sebab jenis satu ini menyediakan lebih dari satu variasi tone suara seperti upright, jazz piano, bright piano, concert grand, pop grand, dan mellow piano yang mempunyai karakter suara berbeda antara satu dengan lainnya. Bahkan beberapa digital piano juga memiliki fitur mengubah karakter tone suara.

  1. Maintenance

Dalam hal maintenance, piano akustik adalah salah satu alat musik yang cukup memerlukan perhatian. Anda perlu melakukan proses tuning ulang minimal 6 bulan sekali agar suara yang dihasilkannya tidak fals. Sedangkan pada piano digital suaranya cenderung lebih presisi dalam kondisi prima, tanpa perlu dilakukan maintenance secara rutin.

 

  1. Touch Feel dan Response

Touch feel dari piano digital, memang dibuat dengan menyerupai piano akustik yang ada pada tempat jual audio sound system. Meski begitu untuk respon dari tekanan tuts, piano digital bisa dibilang jauh lebih unggul. Sebab umumnya konfigurasi respon pada alat musik jenis ini dapat diatur apakah ingin dibuat normal, light, atau heavy.

Baik piano digital dan piano akustik memiliki keunggulannya sendiri sendiri, anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membeli alat musik tersebut dari Bliaudio. Bliaudio tidak hanya menawarkan alat musik, namun ada juga seperangkat sound system lengkap dengan aksesorisnya. Temukan Bliaudio di websitenya, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *