Pakai Travel Solo, Temukan Pasar Unik Surganya Wisata Belanja – Home Design

Puas Belanja Berbagai Pernak Pernik Unik dengan Travel Solo

 

Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan Solo selalu punya pesona yang tak luput bagi para wisatawan. Istilahnya, Solo senantiasa punya ruang di hati mereka. Jadi tak heran ya, Solo bahkan terkenal hingga mancanegara! Kota terbesar ketiga di Pulau Jawa bagian selatan ini memang punya banyak destinasi yang wajib masuk bucket list. Solo juga dikenal dengan kekentalan adat Jawa, sehingga cocok bila Anda menyukai wisata sejarah dan budaya. Nah buat Anda yang ingin berkunjung ke sini, jangan khawatir soal fasilitas umumnya! Solo punya transportasi publik siaga, seperti salah satunya Travel Solo.

 

Selain bisa berwisata sejarah dan budaya langsung pada situs peninggalan Keraton Surakarta, kota ini juga dikenal surganya wisata kuliner dan wisata belanja. Bagaimana tidak, mulai dari pasar tradisional, pusat grosir sampai mall, semuanya lengkap ada di Solo. Untuk Anda yang ingin berbelanja oleh-oleh, seperti surabi, rambak, bakpia, brem, ampyang, serbat jahe, klengkap dan intip, bisa coba kunjungi rekomendasi lima pasar unik berikut ini. Tak hanya bisa belanja, pasar-pasar ini juga bisa menjadi destinasi icip kuliner khas Solo, lho!

 

Pasar Gede Hardjonagoro

Siapa sih yang tak tahu dengan kiprah Pasar Gede Hardjonagoro? Pasar terbesar di Solo ini, ternyata sudah ada sejak tahun 1929 dan bermula dari sebuah pasar kecil yang berlokasi di persimpangan kantor gubernur (sekarang menjadi Balaikota Surakarta). Pasar Gede Hardjonagoro sendiri merupakan pasar kebutuhan pokok, namun apabila Anda mencari kuliner khas Solo di sini tempatnya, mulai dari cabuk rambak, nasi liwet, tengkleng, timlo, es dawet, gempol preret, tahok, lenjongan hingga brambang asem. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan Klenteng Tien Kok Sie yang merupakan tertua di Solo, tidak jauh dari area pasar.

 

Pasar Klewer

Buat Anda yang mau berburu tekstil ala Solo alias batik, Pasar Klewer harus jadi destinasi wajib. Pasar tekstil terbesar ini letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Saking ternama, pasar ini sering didatangi oleh pedagang dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan kota lainnya. Dulunya pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, area pasar merupakan tempat pemberhentian kereta api yang digunakan sebagai tempat berjualan para pedagang lokal. Sama seperti Pasar Gede, Pasar Klewer juga menawarkan wisata kuliner yang tak kalah lengkap. Kunjungi juga Masjid Agung Surakarta yang berada persis di depan pasar. Masjid ini merupakan ikonik kota solo dan bersejarah.

 

Pasar Triwindu

Pasar Triwindu cocok dikunjungi bagi Anda yang senang mengoleksi barang-barang antik, mulai dari patung kayu dan batu, radio, uang kuno, senjata kuno, peralatan rumah tangga, wayang hingga jam dinding. Dilansir situs resmi Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Pasar Triwindu didirikan pada tahun 1939 untuk memperingati 24 tahun pemerintahan Mangkunegaran VII. Dengan jumlah pedagang lebih dari 200 orang, Anda bebas mencari barang antik yang diinginkan. Tak berbeda jauh dari pasar ini, datangi juga Pura Mangkunegaran yang hanya berjarak sekitar 350 meter.

 

Pasar Klithikan Notoharjo

Suka mengoleksi barang-barang bekas layak pakai? Wajib kunjungi Pasar Klithikan Notoharjo yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Terdapat ratusan pedagang yang menjajakan barang bekas, seperti peralatan rumah tangga, pakaian, elektronik, mainan, sepeda, handphone hingga hewan! Meski lekat dengan pasar barang bekas, di sini Anda juga bisa menemukan barang baru, lho. Pasar yang berada di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo ini dibuka setiap hari, namun sayangnya Anda perlu berkunjung pagi-pagi sekali karena hanya buka dari jam setengah lima sampai jam sembilan pagi saja.

 

Kunjungi Semua Pasar Hits, Pakai Cititrans Travel Solo

Agar aman dan nyaman sepanjang perjalanan ke Solo, Anda bisa memilih Cititrans yang telah terpercaya selama lebih dari 15 tahun. Hingga sekarang, Cititrans sudah sukses meningkatkan kepergian jadi Jakarta, Bandung, Tangerang, Soekarno Hatta International Airport( SHIA), Semarang, Solo, Salatiga, Yogyakarta, Surabaya serta Malang. Dengan konsep pool to pool, layanan transportasi ini selalu jadi pilihan para wisatawan. Selain Shuttle Service, Cititrans memiliki layanan lainnya, yaitu CitiFlyer – Airport Shuttle, Private Drop Service, Airport Transfer dan Charter.

 

Selama pandemi COVID-19, Cititrans menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni pengemudi dan penumpang wajib memakai masker, physical distancing atau jaga jarak antar penumpang di dalam armada dari 8 bangku cuma diisi oleh 6 penumpang, dan membenarkan tiap juru mudi serta penumpang dalam batasan temperatur badan wajar yang dianjurkan. Cititrans pula melaksanakan disinfeksi dengan cara teratur serta teratur. Seluruh pool serta armada senantiasa disterilkan dengan pembunuh hama serta cahaya UV. Pada ujung armada, ada hand sanitizer untuk penumpang. Jadi, dikala jalan- jalan tidak butuh takut deh!

 

Cititrans memiliki tiga rute untuk Travel Solo, yaitu Semarang – Solo – Semarang, Solo – Salatiga – Solo, dan Yogyakarta – Solo – Yogyakarta. Nah, untuk rute Solo-Semarang ataupun sebaliknya, sedang ada promo hanya Rp 85.000 saja. Anda bisa secara bebas dapatkan promo yang diberikan Cititrans apabila sudah melakukan pembelian baik itu di counter, kemudian di website resminya atau anda bisa menggunakan app Cititrans. Segera pesan tiket melalui www.cititrans.co.id, aplikasi Cititrans yang bisa diunduh di Apple Apps Store dan Google Play, bisa pula dengan kontak ke 24 Hours Call Center di no 021- 79171717, Whatsapp Virtual Assistant Bebi di no 081117941234 ataupun Whatsapp eksklusif zona Jawa tengah di no 081290111105. Cititrans menyambut pembayaran lewat Credit Card (Izin serta Ahli Card), kemudian BCA Virtual Account, ada juga yang BCA Klik Pay, Go Pay, Mandiri, serta BNI dan Adiratna Bank.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *