Penampilan memang sesuatu yang wajib untuk diperhatikan, baik dari kalangan pria maupun wanita. Bagi seorang pria rambut merupakan sebuah identitas dan tolak ukur kecakapannya. Karena hal ini merupakan salah satu poin penilaian terhadap pria, maka pria harus merawat dan merapikan rambut secara berkala.

Tidak semua pria memiliki alat cukur rambut. Akan tetapi tidak sedikit dari pria tidak mengetahui bagaimana cara memilih alat cukur yang baik. Saat akan membeli alat cukur rambut. Anda jangan hanya mempertimbangkan harganya saja. Anda harus tahu apa saja kriteria alat cukur yang cocok untuk Anda. Berikut rekomendasi cara memilih alat cukur yang tepat.

Pilih Alat Cukur Berdasarkan Daya

Alat cukur elektrik berdasarkan daya dibedakan atas tiga jenis. Masing-masing jenis ini memiliki perbedaan dan pilihlah berdasarkan kebutuhan dan kemudahan saat digunakan.

Jenis baterai

Alat cukur rambut jenis ini menggunakan baterai untuk menggunakannya. Selain praktis, Anda bisa mencukur rambut atau cambang di mana saja. Anda tidak membutuhkan energi listrik secara langsung, Anda cukup mengganti baterai setiap kali daya baterainya habis.

Jenis baterai rechargeable

Jika Anda merupakan seseorang yang tidak mau kerepotan mengganti baterai, Anda bisa memilih alat cukur dengan jenis baterai isi ulang. Harganya pun relatif lebih mahal dibanding alat cukur baterai, tetapi seiring berjalannya waktu akan lebih hemat ketimbang Anda terus-menerus membeli baterai. Penggunaan daya baterai juga lebih lama dibanding baterai biasa. Anda hanya perlu mengisi daya baterai secara berkala agar tidak kehabisan saat akan menggunakannya.

Jenis AC rechargeable

Jenis ini merupakan alat cukur yang tidak memerlukan baterai karena Anda cukup mencolokkan alat cukur ke listrik pada saat akan digunakan. Jenis alat cukur ini juga bisa Anda bawa dan gunakan di mana saja. Jenis ini juga merupakan salah satu yang ekonomis karena tidak perlu mengganti baterai.

Pilih Alat Cukur Berdasarkan Jenis

Beberapa alat cukur memiliki pelengkap pada saat menggunakannya seperti sabun cukur, pisau cukur, alas tempat cukur. Dan beberapa jenis lainnya juga ada yang tidak membutuhkan kelengkapan tersebut saat digunakan.

Alat cukur rambut tempo dulu

Alat cukur ini terolong tempo dulu karena masih membutuhkan alat pelengkap lainnya seperti sabun cukur dan juga pisau cukur. Sebagaimana mencukur pada umumnya, sabun cukur berfungsi untuk memudahkan ketika mencukur. Kekurangan alat cukur jenis ini adalah Anda harus mengganti secara manual pisau cukur atau memasang busa lampiran ketika diperlukan.

Alat cukur otomatis

Alat cukur otomatis ini cukup praktis karena Anda tidak harus mengganti pisau cukur setiap akan digunakan. Alat cukur ini tidak perlu lagi menggunakan sabun manual. Anda hanya perlu menyesuaikan alat cukur otomatis. Untuk harga, alat cukur otomatis ini lebih mahal dan memerlukan keterampilan pengguna.

Pilih yang mudah perawatannya dan bergaransi

Keawetan alat cukur dan garansi alat cukur menjadi poin utama yang harus Anda perhatikan saat akan membeli alat cukur. Agar pisau cukur lebih awet, pilihlah alat cukur yang mudah dilepas agar mudah dibersihkan. Selain itu yang tidak boleh dilewatkan adalah perhatikanlah masa garansi dari pabriknya.

Itu tadi 3 tips yang patut diperhatikan sebelum membeli alat cukur rambut. Mesti tersedia barber yang menawarkan model cukur yang beragam, namun mempunyai alat cukur rambut sendiri merupakan hal yang bermanfaat, selain dapat digunakan sewaktu-waktu anda juga bebas menentukan style model rambut yang anda inginkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *